Detail Mesin Chevrolet Corvette Z06 2023

Mengejutkan betapa agresifnya Chevrolet mendekati desain mesin all-new Z06 terbaru. Kegembiraan di sekitar Corvette generasi kedelapan yang pindah ke tata letak mesin tengah telah menggelegak selama beberapa tahun terakhir. Dan sementara perubahan mendasar dalam desain platform layak untuk dibanggakan, C8 standar terus menggunakan mesin V8 dengan poros engkol lintas bidang tradisional.

Corvette Z06 2023 memiliki mesin V8 5,5 liter clean-sheet yang menggunakan engkol datar; itu tidak ada hubungannya dengan delapan silinder standar Corvette. Ini dikembangkan bersama dengan mesin balap di Corvette C8.R, sebuah mobil yang telah memenangkan beberapa kejuaraan sambil sepenuhnya memvalidasi kinerja dan daya tahan mesin dalam kondisi ekstrim selama tiga tahun terakhir. Kami telah mengendarai Corvette Z06 baru dan dapat mengkonfirmasi respons throttle langsung mesin, pita torsi lebar, garis merah stratosfer, dan catatan knalpot yang gemilang.

Dengan 670 tenaga kuda dan waktu nol hingga 60 yang diklaim 2,6 detik, Z06 memberikan semua yang dijanjikan mobil eksotis, setidaknya di atas kertas. Dan dengan MSRP mulai dari $ 106.995 ia melakukannya di sebagian kecil dari harga mobil eksotis yang kompetitif. Tapi mengapa desain engkol datar menawarkan ciri-ciri ini untuk mobil balap C8.R dan Z06 baru? Bagaimana desain ini memberikan hak membual Z06 sebagai memiliki mesin V8 produksi aspirasi alami paling kuat yang pernah dibuat? Dan apakah semuanya bekerja dengan baik dalam kondisi dunia nyata seperti yang disarankan oleh spesifikasi mesin?

Mari kita mulai dengan keunggulan bawaan yang ditawarkan oleh desain mesin engkol bidang datar. Ada lubang kelinci fisika yang terkait dengan hal-hal seperti getaran primer dan sekunder yang dapat kita jelajahi dan kemungkinan besar tidak akan pernah muncul, tetapi kita akan menjaga agar semuanya tetap ringan dan hanya menyatakan bahwa engkol bidang datar memiliki pin engkol yang disusun dalam 180 derajat ( atau berlawanan) sudut satu sama lain. Ini berarti semua sambungan tempat batang penghubung menempel pada engkol disejajarkan dalam satu bidang — atau “datar” — versus desain bidang silang 90 derajat dari mesin V8 biasa.

Tata letak engkol bidang datar biasanya disediakan untuk mobil balap atau mobil eksotis karena desainnya lebih canggih (baca: mahal), dengan pengorbanan biaya/manfaat yang tidak dapat dibenarkan pada mobil performa arus utama. Namun, kemajuan dalam rekayasa modern membuat desain ini lebih hemat biaya (Ford menggunakannya untuk Shelby Mustang GT350 terakhirnya), dan Chevrolet merasa generasi Corvette Z06 ini pantas mendapatkan pendekatan tanpa kompromi untuk performa mesin.

Dan apa kelebihan khusus dari engkol bidang datar dibandingkan dengan engkol lintas bidang yang lebih tradisional yang digunakan di sebagian besar V8? Manfaat utama adalah bagian berputar yang lebih ringan dan biaya masuk dan buang yang lebih efisien, keduanya memungkinkan mesin Z06 berputar (rev) lebih cepat dan berputar ke kecepatan maksimum yang lebih tinggi (garis merah). Dalam kasus Corvette Z06, kecepatan mesin maksimum adalah 8.600 rpm (putaran per menit), atau 2.100 rpm lebih tinggi dari redline C8 Corvette standar 6.500 rpm.

Setelah mengendarai Z06 baru, kami menghabiskan waktu berkualitas dengan Dustin Gardner, asisten chief engineer pada mesin LT6 V8, dan dia menjelaskan beberapa elemen kunci yang berkontribusi pada karakteristik kinerja mesin.

“Banyak orang berpikir desain engkol bidang datar memungkinkan mesin berputar ke kecepatan yang lebih tinggi. Tetapi Anda juga dapat memutar mesin bidang melintang pada kecepatan mesin tinggi; hanya saja penembakan ganda piston dari setiap bank silinder memadati biaya masuk dan buang, jadi tidak ada keuntungan untuk memutarnya di sana — dan lebih sulit untuk menyetelnya. Pada engkol bidang datar, ketika urutan penembakan Anda genap dari setiap bank silinder, ia menyeimbangkan gaya getaran saat membuat asupan dan pernafasan knalpot jauh lebih efisien pada putaran mesin tinggi,” kata Gardner.

Kedua elemen tersebut, gaya self-balancing pada engkol dan udara yang disinkronkan secara alami yang mengalir masuk dan keluar dari ruang bakar, memungkinkan tim mesin untuk menggunakan bahan yang lebih ringan dan alat manajemen udara canggih untuk kinerja maksimum.

Berkenaan dengan bahan yang ringan, engkol di mesin Z06 beratnya 33% lebih ringan dari engkol di Corvette C8 standar. Ini menggabungkan dengan batang penghubung titanium, piston paksa profil rendah, dan peredam kental aluminium ringan untuk membuat segala sesuatu yang berputar di LT6 seringan mungkin. Hasilnya adalah getaran mesin yang berkurang dan perubahan kecepatan mesin yang cepat, baik saat menerapkan throttle untuk berakselerasi atau menurunkan gigi saat melambat di tikungan.

Di bagian depan manajemen udara, tim GM meningkatkan keuntungan pernapasan alami dari engkol pesawat datar LT6 melalui desain intake manifold yang canggih. Manifold menggunakan katup internal untuk mengubah volumenya berdasarkan kecepatan mesin, secara dramatis meningkatkan efisiensi volumetrik. Gardner memberi tahu kami di atas 3.500 rpm, intake manifold memiliki efisiensi volumetrik yang lebih baik dari 100% dan, dikombinasikan dengan desain kepala spesifik LT6 dan penyetelan knalpot, efisiensi volumetrik keseluruhan mesin adalah sekitar 110%.

Biasanya Anda tidak bisa mendapatkan efisiensi volumetrik lebih dari 100% tanpa induksi paksa (yaitu, turbo atau supercharger), tetapi itulah yang dicapai LT6 — dorongan seperti induksi paksa tanpa menggunakan induksi paksa. Inilah mengapa itu yang paling kuat disedot secara alami produksi V8. Itu juga mengapa respons throttle mesin begitu cepat dan pita torsinya begitu lebar dan rata, menarik dengan keras sampai ke redline 8.600 rpm. Dan ya, itu membantu menciptakan catatan knalpot pembunuh Z06 juga.

Dalam lingkungan trek, karakteristik ini terwujud dalam dorongan ke depan tanpa henti saat Z06 keluar dari tikungan. Pergeseran transmisi cepat, diprakarsai oleh dayung yang dipasang di roda kemudi Z06, memungkinkan mesin menarik dengan mulus saat berakselerasi, sementara komponen internal yang ringan membiarkannya berputar ke atas, lalu ke bawah, dengan cepat saat mengerem dan menurunkan gigi sebelum memasuki tikungan. Catatan knalpot yang menyertainya memberikan Z06 baru sikap seperti Ferrari, membantunya mencapai pengalaman mobil eksotis yang telah lama dicari Corvette dan, setelah 70 tahun, terasa sepenuhnya diberikan oleh LT6 V8 baru ini.

tabloidkeren.com mengatakan

Desain engkol pesawat datar LT6 telah memberikan Z06 baru dengan hati dan jiwa yang setara dengan supercar paling eksotis di Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *