Home

Mobil Terbaik yang Saya Kendarai di Tahun 2022: Mazda MX-5 Miata Club

Saya jatuh cinta dengan Mazda MX-5 Miata pada tahun 1994 ketika saya menyewa satu untuk periode empat hari yang berubah menjadi tiga minggu. Pada akhir tahun 1997, saya memiliki salah satu contoh terakhir yang dibuat dari mobil generasi pertama, dan saya terus memarkir Miata di garasi saya sejak saat itu. Saat ini, Mazdaspeed 2004 tinggal di sana, dengan jarak tempuh kurang dari 35.000 mil awal.

Saat MX-5 Miata generasi keempat tiba untuk model tahun 2016, saya terpesona dengan paket desain dan teknik baru. Ini menghilangkan gaya lembut dan kembung dari mobil generasi ketiga, memperkenalkan kembali Miata 2016 dengan filosofi “less is more” yang membuat aslinya begitu populer di kalangan penggemar berkendara. Mazda semakin menyempurnakan Miata generasi keempat pada tahun 2019 dengan suntikan tenaga, tetapi mobil sport favorit saya masih memiliki sisi yang sedikit liar. Pada batas daya rekat, apakah mengerem dengan keras ke sudut atau kembali ke gas setelah memotong puncak, Miata terbaru bisa terasa sedikit tupai – terutama jika trotoar kurang sempurna.

Masuk ke Mazda MX-5 Miata 2022, kini dengan Kinematic Posture Control (KPC) standar, solusi perangkat lunak berbasis rem yang bertujuan untuk menjinakkan bagian belakang Miata saat Anda memacu mobil dengan kencang. Menurut Mazda, KPC menerapkan sedikit pengereman pada bagian dalam roda belakang mobil saat masuk dengan gaya g tinggi ke sudut atau tikungan. Hasilnya, kata produsen mobil tersebut, body roll lebih sedikit dan respons kemudi yang lebih linier terasa di setir, terutama pada permukaan jalan yang tidak sempurna. Berakselerasi dengan keras melewati puncak belokan, dan KPC menambahkan lebih banyak pengereman roda belakang bagian dalam untuk meningkatkan efek selip terbatas Miata.

Eksterior Mazda Miata RF 2022

Tentu saja, saya tidak sabar untuk mencicipi KPC, jadi pada kesempatan pertama, saya memesan test drive di Mazda MX-5 Miata RF 2022. Itu tiba di spesifikasi Klub dengan cat Soul Red Crystal dengan paket opsi Brembo/BBS/ Recaro yang luar biasa (standar mulai tahun 2022 dan seterusnya), yang melengkapi mobil dengan roda aluminium tempa ringan, rem performa, dan kursi yang didukung performa. Itu tidak murah, memakai stiker jendela seharga $40.160, termasuk ongkos tujuan.

Empat puluh ribu untuk Miata? Yap, tetapi jika Anda tahu apa mobil ini (go-kart legal jalanan) dan apa yang dapat dilakukannya (memukul mesin yang lebih bertenaga di semua kecuali garis lurus), maka harga itu masih terlihat seperti tawar-menawar.

Seperti yang saya lakukan dengan mobil sewaan tahun 1994 itu hampir 30 tahun yang lalu, saya menggunakan MX-5 Miata RF Club 2022 untuk berkendara sepanjang hari di semua jalan California Selatan favorit saya yang membentang dari Calabasas hingga Santa Barbara.

Batas putaran yang lebih tinggi dan tenaga tambahan dari pembaruan model tahun 2019, dikombinasikan dengan roda BBS yang ringan dan opsi rem Brembo yang kokoh, membuat ND2 apa pun menjadi kegembiraan yang tak terkendali untuk dikendarai dengan keras dan cepat. Tambahkan aksi perpindahan cairan yang tepat, kemudi yang hampir telepati, dan ukuran kecil mobil yang memungkinkan Anda menggunakan sebanyak mungkin jalur Anda di jalan pegunungan yang sempit untuk mempertahankan momentum maju sebanyak mungkin, dan contoh tahun 2019, 2020, dan 2021 pengendara roadster Mazda menjanjikan waktu yang luar biasa menyenangkan.

Ruang mesin Mazda Miata 2022

Tapi model MX-5 Miata 2022 dan 2023 adalah yang akan didapatkan. Perangkat lunak KPC baru itu berfungsi seperti yang diiklankan, menambah stabilitas pada batasnya dan menanamkan lebih banyak kepercayaan pada pengemudi. Saya tidak dapat berbicara tentang dampak KPC pada karakter di jalur mobil, tetapi di dunia nyata, di jalan pegunungan dan ngarai yang terkadang dirawat dengan acuh tak acuh atau diperbaiki dengan tidak benar (melihat Anda, Mulholland Highway di dekat pantai), input pengereman halus sistem ini memberikan manfaat penanganan yang jelas.

Sejak membeli Mazdaspeed MX-5 saya sendiri yang baru, saya tidak terlalu menginginkan Miata baru. Namun berkat KPC, sulit untuk menolak meskipun Mazda menghentikan warna favorit saya — Polymetal Grey — untuk tahun 2023. Tentu, saya sedikit bias, tetapi melihat kembali 88 mobil, truk, dan SUV baru yang saya uji coba dan diulas pada tahun 2022, Mazda MX-5 Miata terbaru menjadi favorit saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *